Tuesday 16 August 2016

Peranan Nitrogen pada Tanaman


Dari semua nutrisi penting, nitrogen diperlukan oleh tanaman dalam jumlah terbesar dan yang paling dibutuhkan dalam produktivitas tanaman. Dalam jaringan tanaman, kandungan nitrogen berkisar dari 1 dan 6%. Nitrogen merupakan nutrisi yang paling terbatas dalam produksi tanaman.

Bentuk Nitrogen
Bentuk nitrogen yang tersedia yang bisa diserap tanaman adalah
  • Ammonium
  • Nitrat

Fungsi nitrogen pada tanaman
  • Nitrogen merupakan elemen penting dari semua asam amino.  Asam amino adalah merupakan protein.
  • Nitrogen juga merupakan komponen dari asam nukleat, yang membentuk DNA dari semua makhluk hidup dan memegang kode genetik.
  • Nitrogen adalah komponen klorofil, yang merupakan tempat pembentukan karbohidrat (fotosintesis). Klorofil juga zat yang memberi warna hijau pada tumbuhan.
o   Fotosintesis terjadi pada tingkat tinggi ketika ada nitrogen yang cukup.
o   Suatu tumbuhan yang menerima nitrogen yang cukup biasanya akan menunjukkan pertumbuhan tanaman yang kuat.  Daun juga akan berwarna hijau gelap.

Ciri ciri tanaman yang kekurangan unsur Nitrogen (N)
  1. Warna daun hijau agak kekuning-kuningan dan warna ini mulai dari ujung daun menjalar ke tulang daun selanjutnya berubah menjadi kuning lengkap, sehingga seluruh tanaman berwarna pucat kekuning-kuningan. Jaringan daun mati dan inilah yang menyebabkan daun selanjutnya menjadi kering dan berwarna merah kecoklatan. 
  2. Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil
  3. Perkembangan buah tidak sempurna atau tidak baik, seringkali masak sebelum waktunya
  4. Dapat menimbulkan daun penuh dengan serat, hal ini dikarenakan menebalnya membran sel daun sedangkan selnya sendiri berukuran kecil-kecil
  5. Jika tanaman sangat kekurangan, daun menjadi kering, dimulai dari bagian bawah ke bagian atas

Ciri ciri tanaman yang  kelebihan unsur Nitrogen (N)
Warna daun terlalu hijau , tanaman rimbun dengan daun. Proses pembuangan menjadi lama. Adenium bakal bersifat sekulen karena mengandung banyak air. Hal itu menyebebkan rentan serangan cendawan dan penyakit , dan mudah roboh. Produksi bunga menurun.

No comments:

Post a Comment