Wednesday 31 August 2016

Faktor Luar yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman


Selain faktor dalam yang berupa  gen dan hormon pada tanaman, faktor luar ini juga mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman, diantaranya adalah,

  • Air
Air merupakan senyawa utama yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Fungsi utama air untuk tanaman adalah sebagai bahan baku untuk fotosintesis, mengaktifkan reaksi enzimatik, menjaga kelembapan dan membantu perkecambahan biji. Karena pentingnya peran air untuk tumbuhan, sehingga tumbuhan yang hidup di lingkungan yang persediaan airnya sedikit memiliki bentuk khusus untuk menjaga agar pengeluaran air dari dalam tubuhnya sedikit atau mempunyai organ khusus yang berfungsi untuk menyimpan air. Tumbuhan yang kekurangan air lama kelamaan akan mati, hal ini terjadi karena tanpa air reaksi kimia didalam sel tumbuhan tidak dapat berlangsung.
  • Cahaya
Cahaya matahari merupakan sumber energy utama yang sangat penting untuk proses fotosintesis. Umumnya cahaya matahari juga menghambat pertumbuhan meninggi karena cahaya dapat menguraikan auksin. Pertumbuhan tanaman ditempat yang cukup cahaya matahari akan lebih lambat daripada ditempat yang gelap. Pertumbuhan yang cepat ditempat gelap disebut etiolasi.
Intensitas cahaya dan panjang sinar yang mengenai tumbuhan tidak sama sepanjang hari atau sepanjang tahun. Respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang sinar disebut fotoperiodisme. Cahaya juga dapat merangsang pembungaan pada tanaman tertentu. Ada tanaman yang dapat berbunga pada hari pendek, disebut tumbuhan berhari pendek yaitu tumbuhan yang berbunga pada saat lamanya penyinaran matahari lebih pendek dari waktu gelapnya dan ada tanaman yang berbunga pada hari panjang, disebut tumbuhan berhari panjang yaitu tumbuhan yang berbunga pada saat lamanya penyinaran matahari lebih panjang dari waktu gelapnya.
Pengaruh cahaya pada tumbuhan dapat kita lihat secara jelas dari kecenderungan kuat pada tumbuhan untuk mengarah ke cahaya, khususnya cahaya matahari, peristiwa ini disebut fototropisme.
  • Kelembapan
Kelembapan udara berpengaruh terhadap tumbuhan, tetapi pengaruhnya berbeda beda pada tiap jenis tumbuhan. Pada umumnya tanah dan udara yang lembap memberikan pengaruh yang baik untuk pertumbuhan. Keadaan yang lembap menyebabkan air yang diserap tumbuhan lebih banyak, sebaliknya air yang diuapkan lebih sedikit. Hal ini mendukung aktivitas pemanjangan sel sel untuk mencapai ukuran maksimum sehingga tumbuhan lebih cepat menjadi besar.
  • Suhu
Tumbuhan membutuhkan suhu optimum untuk pertumbuhannya. Selain itu, pada pertumbuhan tanaman dieknal juga suhu minimum dan suhu maksimum. Suhu optimum adalah suhu tertentu yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Suhu minimum adalah suhu paling rendah yang memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh. Sementara suhu maksimum adalah suhu paling tinggi yang memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh.
Suhu optimum, minimum dan maksimum untuk setiap jenis tumbuhan berbeda beda. Suhu berkaitan erat dengan kerja enzim yang mempengaruhi berbagai reaksi kimia didalam tubuh tumbuhan. Enzim akan rusak apabila suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Makanan
Makan merupakan sumber energy dan sumber materi untuk mensintesis berbagai komponen sel. Pada proses fotosintesis dibutuhkan bahan baku berupa air dan karbondioksida, selain itu tumbuhan juga membutuhkan unsur unsur mineral lainnya. Berdasarkan banyaknya jumlah unsur mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan, unsur mineral dibedakan menjadi 2 yaitu makroelemen dan mikroelemen.
Makroelemen adalah unsur mineral yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah besar. Contoh, karbon, oksigen, hydrogen, nitrogen, magnesium, kalsium, kalium fosfor dan sulfur. Mikroelemen adalah unsur mineral yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah kecil. Contoh, zat besi, klorin, tembaga, seng, nikel, boron, molybdenum dan mangan. Apabila suatu tumbuhan kekurangan nutrisi maka tumbuhan tersebut akan mengalami defisiensi. Defisiensi mengakibatkan pertumbuhan tumbuhan menjadi terganggu dan jika dibiarkan maka tumbuhan akan mati.

No comments:

Post a Comment